Kamis, 10 November 2011

Manfaat Hiking Yang Anda Harus Ketahui.








Tentu anda tahu bahwa hiking adalah olahraga yang baik dan juga cara yang baik untuk mendekatkan kita dengan alam, selain itu hiking mampu menyeimbangkan antara kebutuhan jasmani dan kebutuhan batin. Hal ini merupakan beberapa manfaat dari 1000 manfaat yang bisa didapatkan saat melakukan hiking. Dengan hiking, anda membantu untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

1. Mengatasi Obesitas

Hasil gambar untuk obesitas

Hiking adalah cara super untuk menurunkan berat badan. Dari perkiraan 210 juta penduduk Indonesia tahun 2000, jumlah penduduk yang overweight diperkirakan mencapai 76.7 juta (17.5%) dan pasien obesitas berjumlah lebih dari 9.8 juta (4.7%). Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa overweight dan obesitas di Indonesia telah menjadi masalah besar yang memerlukan penangan secara serius. Rutinitas kehidupan kita seperti terjebak di kantor, di depan komputer, berselancar di internet ini adalah bom waktu yang membunuh kita.
Dengan melakukan hiking, pada hakikatnya menggerakkan seluruh anggota badan. Hal ini berfungsi menjadi pembakar lemak yang ampuh untuk mengatasi obesitas.

2. Mencegah Penyakit Jantung
Hasil gambar untuk jantung

Berdasarkan data yang dimiliki Yayasan Jantung Indonesia, 17 juta orang di seluruh dunia meninggal setiap tahun akibat penyakit ini. Sebuah rutinitas yang berjalan teratur sangat mengurangi kemungkinan masalah jantung. Penelitian  menunjukkan bahwa secara teratur latihan ringan semacam hiking meningkatkan peluang anda mengalami penyakit ini kemungkinan sangat kecil.

3. Penurunan Kolesterol

Hasil gambar untuk kolesterol

Hiking dan berjalan meningkatkan kolesterol baik HDL yang membantu menyingkirkan kolesterol jahat. Hal ini pada gilirannya akan mengurangi peluang anda untuk masalah penyakit yang disebabkan kolesterol.

4. Mengurangi Stress dan Depresi
Hasil gambar untuk depresi

Aktivitas hiking melepaskan hormon endrofin dan adrenalin, hal ini memiliki efek positif alami untuk menekan tingkat stress dalam tubuh

5. Meminimalkan penurunan aktivitas fisik
Hasil gambar untuk ketuaan penurunan

Ketika beranjak tua, tubuh dengan otomatis akan melemah, tetapi melakukan hiking dengan teratur membantu meminimalkan penurunan kinerja tubuh.

6. Udara yang lebih baik
Hasil gambar untuk udara segar

Hiking ke alam dengan kondisi udara yang segar sangat baik untuk kita hirup.

7. Percaya diri
Hasil gambar untuk percaya diri

Berbagai tempaan alam yang menerpa sepanjang perjalanan hiking seperti medan yang berat, cuaca alam yang ekstrim dan rintangan lainnya dapat membangun rasa percaya diri. Biasanya pada momen tersebut kita cenderung optimal dalam menumbuhkan potensi diri.

8. Wawasan yang bertambah
Hasil gambar untuk globe
Dengan aktivitas hiking, tentunya kita akan mengenal banyak hal baru.

9. Kenangan Indah
Hasil gambar untuk kenangan indah

Dengan mendaki kita akan membuat kenangan kita sendiri, Pastinya setiap pendaki ingin mempunyai kenangan yang indah dan tak terlupakan saat mendaki.

Masih banyak lagi manfaat yang kita dapatkan dengan melakukan hiking. Yuk mendaki, dan jangan lupa share ke kita ya jika mendapat manfaat yang belum admin sebutin.

Salam Lestari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar